Monthly Archives December 2019

Jenis dan Penyebab Kembar Siam

Sumber: alodokter.com

Kembar siam menurut doktersehat.com adalah dua bayi kembar identik yang terlahir dengan bagian tubuh yang menyatu pada saat kelahiran. Bagian tubuh yang menyatu pada bayi kembar siam biasanya adalah dada, perut dan panggul. Beberapa organ juga akan tidak sempurnya seperti usus, liver, dan otak. Pada kasus kembar siam sekitar empat puluh sampai enam puluh persen bayi kembar siam meninggal dalam rahim. Apa penyebab kembar siam? Sebelum membahas penyebab kembar siam, menurut alodokter.com terdapat beberapa jenis dari kembar siam menurut organ atau bagian tubuh yang menyatu seperti:

  1. Omphalopagus

Ini adalah kondisi ketika perut atau pusar kedua bayi kembar saling menempel. Biasanya kembar ini memiliki satu usus halus bagian bawah, satu usus besar, lambung, dan satu liver.

  1. Thoracopagus

Jenis thoracopagus ini terjadi saat dada bayi kembar saling menempel. Dada merupakan bagian tubuh yang paling sering terhubung. Biasanya mereka hanya memiliki satu jantung, satu usus dan satu liver dan organ tubuh bagian atas lainnya. 

  1. Rachipagus

Kondisi ini adalah ketika tulang belakang sang bayi saling menempel. K asus ini cukup jarang ditemukan.

  1. Parapagus

Kembar siam ini terjadi ketika panggul, perut dan seluruh atau sebagian dada bayi saling menempel dengan posisi menyamping. Terdapat kemungkinan bayi kembar siam jenis ini memiliki dua atau lebih anggota badan tetapi mereka memiliki dua kepala. 

  1. Ischiopagus 

Ini adalah kondisi di mana panggul bayi saling menempel, baik berhadapan atau membelakangi. Kembar siam jenis ini biasanya berbagi hati, saluran cerna dan organ kelamin.

  1. Cephalopagus

Kembar siam ini terjadi saat wajah dan bagian atas sang bayi saling menempel. Wajah mereka berada di sisi berlawanan dan memiliki satu otak. Hal ini sangat berisiko pada bayi karena dapat membuat bayi sulit bertahan hidup. Kebanyakan dari kasus kembar siam jenis ini berakhir dengan kematian.

  1. Craniopagus 

Kondisi ini terjadi ketikakepala bayi saling menempel di bagian sampai atau atas kepala, namun tidak dengan wajah. Mereka memiliki satu tengkorak namun otaknya terpisah. 

  1. Pygopasus

Kembar siam jenis ini adalah ketika punggung bawah dan bokong bayi saling menempel. Hal ini membuat mereka memiliki satu saluran pencernaan, satu alat kelamin dan satu organ kemih.

Apa penyebab kembar siam ini? Menurut doktersehat.com penyebab kembari siam terjadi karena proses pemisahan embrio yang tidak sempurna. Proses pemisahan dua embrio bisa melambat menjadi tiga belas hingga lima belas hari. Proses pemisahan tiba-tiba terhenti dan mulai untuk proses perkembangan masing-masing embrio yang masih melekat. Teori lainnya menduga bahwa dua embrio yang sebenarnya terpisah menyatu pada perkembangan awal. Ada pula teori yang menyebutkan bahwa kembar siam merupakan faktor genetik di mana jika memiliki riwayat kembar siam makan risiko melahirkan kembar siam menjadi lebih tinggi. 

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat menjadi cara mengatasi kembar siam? Jika kamu memiliki keluarga atau mengalami sendiri kasus bayi kembar siam, kamu harus dilatih oleh perawat, ahli gizi, pekerja sosial, spesialis hidup anak dan sebagainya. Kamu juga harus lebih memperhatian bayi kembar siam dari bayi lainnya. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter agar dapat merawat bayi dengan baik. 

Itulah hal-hal yang dapat kamu ketahui tentang kembar siam seperti jenis dan penyebab kembar siam.

Read More

Mungkinkah Memberantas Rayap Tanpa Bantuan Jasa Pembasmi Hama?

Manusia sudah sejak lama memerangi rayap yang menggerogoti rumah dan perabotan. Berbagai cara dikembangkan untuk mengendalikan serangga yang kemudian dianggap sebagai hama ini. Kemajuan yang dicapai jasa anti rayap jakarta bahkan memungkinkan membasmi rayap ini bisa dilakukan sendiri di rumah. Mungkin juga Anda yang kini sedang mencoba untuk membasmi rayap di rumah, mungkinkah hal itu Anda kerjakan sendiri? 

Hal yang Menunjang Penanganan Rayap Secara Mandiri

Kemajuan teknologi memang memudahkan berbagai pekerjaan manusia, tak terkecuali pemberantasan rayap ini. Selain itu, pada kasus tertentu memang pekerjaan membasmi rayap ini bisa dilakukan sendiri. Untuk menghilangkan rayap dari kursi taman misalnya, Anda bisa mencoba mengatasinya sendiri tanpa memanggil jasa pembasmi rayap. 

Nah, beberapa hal yang membuat penanganan rayap saat ini menjadi semakin mudah diantaranya;

Ketersediaan Produk Pembasmi Hama

Anda bisa menemukan berbagia macam produk pembasmi rayap di toko, swalayan hingga marketplace online. Diantara produk-produk tersebut, ada yang dihargai sangat murah hingga yang paling mahal dari produsen teerkemuka. Jika Anda ingin mencoba salah satunya, sebaiknya hindari memilih hanya berdasar pertimbangan harga.

Pilih produk yang memiliki kandungan bahan kimia yang jelas dari produsen yang kredibel. Pastikan bahwa kandungan aktif di dalamnya sesuai dengan skenario penggunaan, misalnya untuk mengusir rayap, mematikan atau sekedar mencegahnya. Tak ada salahnya membayar sedikit lebih mahal untuk mendapatkan hasil yang optimal daripada bermain-main dengan bahan kimia yang tidak jelas dan berpotensi membahayakan kesehatan.

Penggunaan Alat Sederhana

Pastikan saat menerapkan produk, Anda membaca petunjuk penggunaan. Pada label tersebut, Anda akan mengetahui alat apa saja yang diperlukan untuk mengaplikasikan produk. Sekedar untuk memeriksa keberadaan rayap, Anda hanya membutuhkan senter dan obeng minus. Sementara untuk penanganan, mungkin alat yang digunakan antara lain semprotan, sekop, gerobak sorong hingga obeng.

Ketersediaan Tutorial

Saat ini Anda bisa menemukan berbagai panduan menangani rayap di internet. Selain di situs terpercaya, Anda juga bisa memanfaatkan situs berbagi video seperti YuoTube untuk mendapatkan gambaran teknis yang lebih jelas. Bahkan Anda juga bisa berkomentar pada video tersebut jika ada yang kurang jelas.

Itulah beberapa alasan mengapa pembasmian rayap semakin mudah dilakukan sendiri. Meskipun terkesan mudah, pada kondisi tertentu sebaiknya tetap menggunakan tenaga ahli yang memiliki pengalaman, pengetahuan dan peralatan khusus.

Read More